Tugas Akustik Keluatan

Posted On December 29, 2012

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

GELOMBANG

Gelombang suara dipancarkan melalui sebuah alat yang menghasilkan energi suara pada kolom perairan ataupun dasar perairan, prinsipnya yaitu mengubah energi elektrik menjadi energi mekanik. kecepatan suara yang berada di perairan mencapai 1500 m/s. Metode akustik merupakan proses-proses perambatan suara, karakteristik suara (frekuensi, pulsa, intersitas), faktor lingkungan/medium, dan lainnya.

AKUSTIK

  • akustik pasif : suatu aksi mendengarkan gelombang suara yang datang dari berbagai obyek pada kolom perairan (prinsipnya adalah menerima suara).
  • akustik aktif : mengukur jarak dan arah dari obyek yang dideteksi dan ukuran relatifnya dengan menghasilkan pulsa suara dan mengukur waktu tempuh dari pulsa tersebut.

(Read More)

You’re an angel disguised

Posted On June 8, 2010

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

You’re my key to survival.

blame myself

Posted On June 8, 2010

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

Just another ordinary miracle today

Hujan Meteor Lyrids

Posted On April 22, 2010

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

mana nih hujan meteornya?

koq gak keliat sama sekali dari langit jatinangor? apa karna mendung gitu…

tadi baca artikel berita kalo malam ni bakal ada hujan meteor,,,hua…sebenernya jam berapa sih bisa diliatnya…katanya malem ampe dini hari ya tapi jam berapa?T_T kan jarang banget kejadian seperti ini ini tuh bisa kulihat malam ini.

(Read More)

Surfing^^

Posted On April 21, 2010

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

Gw pingin banget bisa surfing…gw dah tw tempat surfing di pangandaran nama pantainya pantai batu karas…gw pingin liburan kesana tapi sekarang gw gak tw mw liburan ma siapa kesana,,,teman gak tw ada yang minat gak? cos tmn aku banyak yg suka diving,,,mereka aja kemaren2 baru sertifikasi buat bisa selam di pelabuhan ratu…gw sih diajak ma teman buat sertifikasi tp gw belum minat buat ambil sertifikasi selam…kalo gak salah model A1. (Read More)

DAFTAR ISTILAH

Posted On April 13, 2010

Filed under marine ecology

Comments Dropped one response

ENSO

Posted On April 2, 2010

Filed under oseanografi

Comments Dropped leave a response

ENSO adalah singkatan dari El Nino Southern Oscillation. Secara umum para ahli membagi ENSO menjadi ENSO hangat (El Nino) dan ENSO dingin (La Nina). Kondisi tanpa kejadian ENSO biasanya disebut sebagai kondisi normal. Referensi penggunaan kata hangat dan dingin adalah berdasarkan pada nilai anomali suhu permukaan laut (SPL) di daerah NINO di Samudera Pasifik dekat ekuator bagian tengah dan timur. Adapula penggunaan istilah ENSO negatif dan ENSO positif. Namun kadangkala penggunaan istilah ini tidak konsisten karena sebagian menggunakan nilai positif dan negatif berdasarkan pada harga Indeks Osilasi Selatan (IOS) sedangkan sebagian yang lain menggunakan nilai positif dan negatif berdasarkan pada harga anomali SPL. Padahal nilai IOS yang negatif berhubungan dengan nilai anomali SPL yang positif dan sebaliknya. Maka dari itu akan sering kita temukan pada beberapa artikel penggunaan istilah ENSO negatif untuk El Nino sedangkan pada artikel lainnya digunakan istilah ENSO negatif tetapi untuk menyatakan La Nina. Hal ini terjadi karena pada penggunaan pertama, nilai negatif didasarkan pada harga IOS sementara pada penggunaan kedua nilai negatif didasarkan pada harga anomali SPL di daerah NINO. Namun demikian masih banyak juga orang-orang yang lebih suka untuk tetap menggunakan istilah El Nino dan La Nina daripada istilah ENSO hangat atau ENSO positif dan ENSO dingin atau ENSO negatif. (Read More)

ANALISIS ALIRAN ENERGI DAN RANTAI MAKANAN DI HUTAN MANGROVE

Posted On April 1, 2010

Filed under marine ecology

Comments Dropped 3 responses

Kepustakaan :
Aufa Fadhli Pratomo.2010.ANALISIS ALIRAN ENERGI DAN RANTAI MAKANAN DI HUTAN MANGROVE:Studi Kasus Konversi Lahan Hutan Mangrove Menjadi Lahan Persawahan Padi Pantai Segara Anakan di Desa Pamotan Kabupaten Ciamis. http://prince60.wordpress.com/2010/03/31/analisis-aliran-energi-dan-rantai-makanan-di-hutan-mangrove/

Budi Brilliantsyah.ANALISIS ALIRAN ENERGI DAN RANTAI MAKANAN DI HUTAN MANGROVE:Studi Kasus Konversi Lahan Hutan Mangrove Menjadi Lahan Persawahan Padi Pantai Segara Anakan di Desa Pamotan Kabupaten Ciamis. https://bily2.wordpress.com/2010/04/01/analisis-aliran-energi-dan-rantai-makanan-di-hutan-mangrove/

Studi Kasus Konversi Lahan Hutan Mangrove Menjadi Lahan Persawahan Pantai Segara Anakan di Desa Pamotan Kabupaten Ciamis

Data keberadaan dan luas hutan mangrove di Kabupaten Ciamis sangat bervariasi namun dilaporkan sebagian besar berada di Desa Pamotan, dalam kawasan hutan negara yang dikelola oleh Perum Perhutani. Hutan mangrove di Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis termasuk hutan produksi (HP) kelas hutan alam kayu lain tak baik untuk jati (HAKLTB), namun selama hampir 30 tahun belum dilakukan pengelolaan atau pengusahaan sebagaimana mestinya sebuah kawasan hutan sehingga terkesan sebagai lahan tidur. Konversi hutan mangrove tersebut oleh penduduk setempat menjadi lahan persawahan padi dan pemukiman dilakukan karena hasil tangkapan ikan nelayan Pamotan semakin menurun akibat pendangkalan dan penyempitan Segara Anakan, sehingga mereka beralih profesi menjadi petani padi. Masih 40% hutan mangrove di KPH Ciamis berupa rawa atau semak belukar, namun di dalamnya telah dipenuhi patok-patok klaim tengah menghadapi bencana kepunahannya. KPH Ciamis memberi perhatian atas hutan mangrovenya setelah sebagian dikonversi oleh masyarakat setempat menjadi persawahan dan pemukiman penduduk. (Read More)

Pengaruh Fenomena El nino Terhadap Hasil Tangkapan Ikan di Laut Indonesia

Posted On December 21, 2009

Filed under oseanografi

Comments Dropped 22 responses

Bencana alam yang menimbulkan dampak negatif pada berbagia aspek kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya akhir akhir ini semakin sering terjadi di wilayah Indonesia. Peristiwa tsunami di provinsi nangroe aceh darussalam dan provinsi jawa barat serta kejadian gempa di wilayah jawa tengah dan yogyakarta dan di daerah daerah lainnya merupakan contoh aktual yang mudah disimak. Fenomena alam tersebut umumnya merupakan suatu proses yang kompleks serta melibatkan banyak faktor almai sehingga gejala kehadirannya seringkali tidak mudah terdeteksi secara dini. Konsekuensinya adalah dampak yang ditimbulkan biasanya sangat luas dan menimbulkan kerugian yang besar akibat tidak adanya tindakan antisipasi yang dapat dipersiapkan sebelumnya.

Pada sektor perikanan fenomena alam juga memperlihatkan peran yang semakin penting akhir akhir ini melalui munculnya anomali iklim el nini dan la nina. Anomali iklim tersebut semakin sering terjadi dengan kondisi musim yang semakin ekstrim dan durasi yang semakin panjang sehingga menimbulkan dampak yang signifikan terhadap hasil penangkapan ikan di laut indonesia. Di daerah tropis, kedua anomali iklim tersebut biasanya menimbulkan pergeseran pola curah hujan, perubahan besaran curah hujan dan perubahan temperatur udara. Akibatnya ikan di laut semakin berkurang dan meningkatnya perubahan cuaca yang susah ditebak yang menyebabkan nelayan takut melaut karena gelombang laut yang besar hingga mencapai beberapa meter.

sumber: wind (Read More)

hari bebas…^^

Posted On December 17, 2009

Filed under Uncategorized

Comments Dropped one response

pagi ini begitu cerah, hidup ini begitu menyenangkan saat ku tau kalo hari ini saya tidak ada kuliah…haa😀
ehm…kalo g salah besok juga g ada kuliah deh,,,tadi saya dikasih tau teman saya kalo besok kuliah oskim diliburkan…hore…hore…saatnya untuk bersenang senag…hoo ^^
bisa bangun siang trus nih…tapi, walau begitu saya tidak bole terhanyut dalam kesenangan sesaat ini…karena saya juga harus peduli dengan kewajiban saya sebagai anak kuliah…yaitu tugas tugas yang sudah menumpuk…tapi kenapa ya banyak tugas sebelum UAS??? (Read More)

Next Page »